Selasa, 03 Maret 2009

Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana


Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan

Obyek Wisata Utama yang dimiliki Pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api, luas lahan pantai ini adalah 3,5 Ha. Obyek Wisata yang dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah mainan anak-anak dan taman bermain, panggung terbuka, kandang satwa, bangku dan taman untuk bersantai, warung makan, toilet dan lahan parkir.

Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp. 1.100,00 (hari biasa) ; Rp. 1.600,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.100,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi.

Slamaran Indah
Lokasi: Slamaran
Obyek wisata Slamaran Indah merupakan daerah pesisir yang bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman. Daerah ini legendanya memiliki “penunggu”, yaitu Dewi Lanjar sebagai Ratu Pantai Utara. Konon Dewi Lanjar sering menampakkan diri dengan paras yang cantik jelita tiada bandingan. Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Pemandian Air Panas “Tirta Bumi”
Lokasi: Pemandian Air Panas Tirta
Pemandian air panas “Tirta Bumi” merupakan sumber air mineral yang dapat mengobati rematik, gatal - gatal dan bermacam - macam penyakit lainnya. yang terletak di jalur utama Semarang – Pekalongan, kira-kira 2,5 Km dari stasiun kereta api dan 1 Km dari terminal bus Kota Pekalongan. Obyek Wisata ini menawarkan tempat mandi air panas yang alami, mengandung belerang dan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit dan reumathik, Harga tiket ——–Rp. 2.500,00.

Wisata Bahari
Lokasi: Dekat Pantai Pasir Kencan
Obyek Wisata Bahari merupakan Obyek Wisata yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Terletak berbatasan dengan obyek wisata Pantai Pasir Kencana, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api. Obyek Wisata yang dikelola oleh Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah taman bermain, Akuarium, bangku dan taman untuk bersantai, toilet dan lahan parkir. Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar